Kumpulan Gambar Rumah Adat di Indonesia

Gambar Rumah Adat- Negara Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.000 pulau. Dengan keluasannya itu, pastinya Indonesia memiliki banyak kekayaan alam, keberagaman agama, suku, budaya, dan adat istiadat. Selain itu juga Indonesia terkenal dengan rumah tradisional yang berada di setiap daerah.

Rumah tradisional yang berada di Indonesia tidak hanya sekedar bangunan biasa. Selain unik dari segi visual, rumah adat di Indonesia memiliki arti masing-masing disetiap rumah adat tersebut sesuai dengan kebiasaan dan adat setiap daerah masing-masing.

Selanjutnya akan kami jelaskan apa saja rumah adat yang ada di Indonesia dari setiap daerah. Tentunya ini sebagai wawasan kalian mengenai apasaja peninggalan dari nenek moyang kita, berikut kumpulan gambar rumah adat yang ada di Indonesia.

Rumah Adat di Indonesia

#1. Rumah Bolon

Rumah Bolon merupakan rumah adat khas suku Batak yang berasal dari Sumatera Utara. Rumah Bolon sendiri terdiri dari beberapa  jenis rumah, diantaranya adalah Bolon Toba, Bolon Karo, Bolon Pakpak, Bolon Angkola, dan Bolon Simalungun.

Rumah Bolon berbentuk persegi empat dengan model panggung. Tinggi panggung sekitar 1,75 meter dari tanah. Untuk masuk ke dalam rumah sudah dibuatkan tangga yang berada di tengah badan rumah. Disetiap sudut rumah diberi tiang-tiang penyangga sebagai penopang rumah. Dan bagian atap berbentuk seperti pelana kuda.

#2. Rumah Bagonjong ( Gadang )

Gambar Rumah Adat

Rumah Bagonjong adalah rumah khas Sumatra Barat. Tetapi masyarakat setempat biasanya menyebut rumah ini dengan sebutan Rumah Baanjung. Rumah ini hanya bisa ditemukan di beberapa daerah khusus saja. Rumah adat ini memiliki bentuk persegi panjang yang atapnya mipir dengan tandu kerbau.

Rumah Bagonjong tidak memiliki sekat di dalamnya kecuali pada bagian kamar tidurnya. Pada bagian depan rumah biasanya dilengkapi dengan ukiran ornamen. Dan setiap elemen yang ada di rumah ini tentunya memiliki makna tersendiri,loh.

#3. Rumah Limas

Rumah adat limas merupakan rumah adat unik yang berasal dari Sumatra Selatan. Rumah ini memiliki atap yang berbentuk limas. Dengan lantai depan yang bertingkat berbentuk panggung.

Di rumah ini memiliki 5 ruangan yang biasa disebut dengan kekijing. Kekijing merupakan simbol dari 5 jenjang kehidupan manusia. Jenjang yang dimaksud adalah usia, bakat, jenis, pangkat dan martabat.

Pada rumah ini di tingkat pertama tidak memiliki dinding pembatas untuk setiap ruangnya. Biasanya digunakan untuk menerima tamu. Dan masih ada ruangan-ruangan yang lainnya.

#4. Rumah Kebaya

Gambar Rumah Adat

Rumah Kebaya ini merupakan rumah adat dari DKI Jakarta yang memiliki ciri khas tersendiri dari rumah adat yang lainnya. Rumah ini memiliki atap yang benbentuk seperti pelana yang terlipat.

Rumah yang memiliki ornamen khas suku betawi ini sudah jarang ditemui. Kalian bisa menemui rumah ini jika berkunjung ke daerah perkampungan betawi di Jakarta. Dan jumlahnya pun tidak banyak seperti dahulu, karena sudah berpindah ke bangunan rumah modern seperti saat ini.

#5. Rumah Sasak

Rumah adat asal Lombok ini tidak kalah indah dengan rumah adat lainnya. Rumah adat ini memiliki bentuk dan material yang unik . Pada bagian dindingnya terbuat dari anyaman dan atapnya terbuat dari jerami ataupun akar alang-alang. Pada bagian lantai menggunakan batu bata,abu jerami dan getah pohon. Seperti rumah adat lainya, setiap ruang memiliki kegunaannya masing-masing.

#6. Rumah Mod Aki  Aksa

Rumah ini bisa juga dibilang dengan rumah kaki seribu. Rumah ini berasal dari Papua Barat. Dinding rumah ini juga seperti rumah adat honai Papua hanya saja rumah berbentuk persegi panjang dan berpanggung.

Mengapa bisa disebut dengan rumah kaki seribu? Karena rumah ini memiliki penyangga dibagian bawah lantai rumah yang cukup banyak. Unik sekali bukan?

Itulah beberapa rumah adat yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian mengenai rumah adat di Indonesia.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: